PROGRAM
PESANTREN
KILAT RAMADHAN
SDN
08 WONOSARI
TAHUN
PEMBELAJARAN 2016-2017
KATA
PENGANTAR
Puji
dan syukur kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya
hingga kami dapat menyelesaikan program pesantren kilat ini tepat pada
waktunya.
Program
ini pada dasarnya merupakan program operasional penyelenggaraan pesantren kilat
di SDN 08 WONOSARI tahun pembelajaran 2016-2017.
Kami
menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan program ini masih banyak kekurangan, baik
ditinjau dari materi maupun teknik penyusunannya. Oleh karena itu, teguran,
pandangan, dan koreksi dari berbagai pihak akan kami terima demi sempurnanya penyusunan
program kerja pada waktu yang akan datang.
Akhirnya
kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberi bantuan,
motivasi serta pembinaan. Semoga amal baiknya mendapat limpahan rahmat dan
kasih sayang dari Allah SWT.
Tanjung Harapan , 14 Juni 2017
Ketua Pelaksana Sanlat Ramadhan
Agusmaliku S.pd
BAB
I
PENDAHULUAN
a.
Latar
Belakang
Siswa
merupakan sumber daya insani potensian bagi pembangunan bangsa. Oleh karena
itu,perlu terus dibina dan dikembangkan sesuai dengan tujuan pendidikan
nasional. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan, khususnya dalam hal keimanan dan
ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta budi pekerti luhur, khususnya di
sekolah,diupayakan dicapai melalui mata pelajaran Agama yang wajib diikuti oleh
seluruh peserta didik pada semua jenjang pendidikan. Hal ini karena agama
merupakan landasan moral, etika, dan spiritual yang kuat untuk pembangunan
bangsa.
Namun
demikian, dewasa ini dirasakan bahwa mata pelajaran Agama di sekolah masih
kurang, terutama jumlah jamnya yang sangat terbatas sehingga tujuan pendidikan
agama di sekolah sulit untuk dicapau. Hal ini juga tercermin dari rendahnya
prilaku hidup beragama antarsiswa dalam kehidupan sehari-hari. Untuk melengkapi
kekurangan tersebut perlu diciptakan kegiatan sekolah dalam waktu tertentu di
luar jam pelajaran yang mengarah pada peningkatan keimanaan dan ketaqwaan serta
berbudi pekerti luhur dalam bentuk aktualisasi pembiasaan hidup beragama.
Kegiatan yang dimaksud salah satunya melalui pesantren Kilat.
b.
Pengertian
1. Umum
Pesantren kilat
mengandung dua kata kunci, yaitu pesantren dan kilat. Pengertian pesantren secara
umum, yaitu suatu lembaga pendidikan Islam yang di dalamnya teradap kiyai yang
mendidik dan mengajar para santri yang mondok dengan menggunakan sarana mesjid,
madrasah, dan didukung adanya pondok tempat tinggal santri. Kilat karena
dilakukan dalam waktu yang relatif singkat.
Beberapa nilai yang
terkandung dalam tata cara kehidupan pesantren kilat, antara lain :
a. Adanya
suasana kebersamaan dan kesederhanaan;
b. Adanya
suasana kekerabatan dan kekeluargaan;
c. Adanya
peningkatan pengalaman, penghayatan, dan praktik dalam kehidupan sehari-hari.
2. Khusus
Pesantren kilat adalah salah satu wahana alternatif
kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka memantapkan pembinaan keimanan dan
ketaqwaan terhadap Allah SWT. Bagi siswa yang beragama Islam dengan pola dan
tata cara kehidupan pesantren yang dilakukan di dalam lingkungan sekolah.
c. Tujuan dan
Sasaran
a.
Tujuan
Dengan adanya pelaksanaan Pesantren kilat bagi siswa diharapkan dapat :
1.meningkatkan
pemahaman, penghayatan, dan pengamalan siswa tentang ajaran agama Islam
sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara ;
2.memperdalam,
memantapkan, dan meningkatkan penghayatan ajaran agama Islam khususnya tentang
keimanan, ibadah, akhlak, dan Al quran ;
3.menerapkan
dan mengamalkan ajaran Islam dam kehidupan sehari-hari dalam rangka membentuk
mental spiritual yang tangguh, kokoh, dan mampu menghadapi tantangan-tantangan
negatif, baik yang datang dari dirinya pribadi maupun dari luar dirinya.
b.
Sasaran
Siswa SDN 08 WONOSARI yang duduk di kelas
I, II, III, IV , V dan VI tahun
pembelajaran 2016-2017
BAB II
PENGORGANISASIAN
Secara
garis besar unsur yang terlibat dalam kepanitiaan Pesantren Kilat di SDN 08
WONOSARI tahun pembelajaran 2016-2017 yaitu sebagai berikut.
1.
Penanggung jawab
penyelenggara : Kepala sekolah
2.
Penanggung jawab
program : Guru PAI
3.
Fasilitator :
pengawas MGMP PAI
4.
Pembina
kegiatan : guru-guru yang beragama Islam yang ditunjuk
5.
Panitia
pelaksana :
dibentuk sesuai dengan kebutuhan sekolah
6.
Peserta :
seluruh siswa yang beragama Islam
7.
Penyusun materi
Pembina : guru-guru PAI dengan berpedoman pada
juklak pesantren kilat/
A.
Pengorganisasian
1.
Susunan panitia
pelaksana Pesantren kilat
Penanggung jawab penyelenggara : Kepala Sekolah
Ketua penyenggara
: Agusmaliku S.pd
Sekretaris :
murfiatun suyatno S.pdi
Bendahara :Asmawati
bano
2.
Daftar guru
Pembina Sanlat Ramadhan yaitu sebagai berikut.
No
|
Nama
Pembina
|
Materi
|
1.
|
Rizky
zulfiqar
|
Baca Al-Qur’an
|
2.
|
Maryam
azis
|
Bahasa Arab
|
3.
|
Rizal
zulkarnain
|
Aqidah-Akhlaq
|
4.
|
Sry
mulyani tomayahu
|
Bahasa Inggris
|
5.
|
Febriyansah
rumangu
|
Games
|
6.
|
Mufidha
alamri
|
SKI
|
7.
|
Nurul
mutharaini
|
Baca Al-Qur’an
|
8.
|
Fahrizal
saleh
|
Bahasa Arab
|
B.
Pengorganisasian
siswa
Rekapitulasi jumlah
peserta pesantren kilat
Kelas
|
Peserta
|
Jumlah
|
|
L
|
P
|
||
I
|
11
|
8
|
19
|
II
|
7
|
7
|
14
|
III
|
8
|
10
|
18
|
IV
|
3
|
4
|
7
|
V
|
5
|
11
|
16
|
VI
|
9
|
6
|
15
|
Jumlah
|
43
|
46
|
89
|
BAB III
RENCANA KEGIATAN
A. Ruang Lingkup
Kegiatan
Ruang lingkup kegiatan Pesantren
Kilat di SDN 08 WONOSARI tahun pembelajaran 2016-2017 meliputi :
a.
Kegiatan
Persiapan dalam Bidang
a.
Administrasi
b.
Personalia
c. Sistematika
operasional dalam kegiatan Pesantren Kilat tahun pembelajaran 2016-2017
b.
Kegiatan
Pelaksanaan Pesantren Kilat meliputi
a. Mengatur
jadwal kegiatan
b. Mengatur
jadwal Pembina
c. Penggunaan
instrument yang digunakan
c. Pendekatan
Dalam pelaksanaan kegiatan
Pesantren Kilat dapat digunakan beberapa pendekatan sebagai berikut.
a.
Pendekatan
secara kekeluargaan
b.
Pendekatan
secara pengalaman, memberikan kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan
praktik ajaran agama
c.
Pendekatan
kebiasaan, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengamalkan ajaran agama
d.
Pendekatan
emosional, memberikan kesempatan kepada peserta Pesantren Kilat untuk berperan
menggunakan akalnya dalam memahami dan menerima kebenaran agama Islam, termasuk
memahami hikmah dan fungsi ajaran agama.
d.
Metode
Beberapa alternatif
metode yang dapat digunakan dalam proses kegiatan Pesantren Kilat adalah
sebagai berikut.
a.
Metode ceramah,
yaitu menyajikan materi melalui penuturan dan penerapan lisan oleh guru kepada
siswa
b.
Metode Tanya
Jawab, dapat dikembangkan untuk menjalin komunikasi timbal balik antara siswa
dengan pembimbing, serta mengurangi kesan adanya pemaksaan konsep materi dan
siswa dapat menanyakan hal-hal yang belum jelas
c.
Metode diskusi,
suatu cara menyampaikan materi melalui pengajuan suatu topik yang kemudian
dibahas bersama-sama
d.
Metode cerita
dianggap efektif untuk menawarkan nilai kebenaran dan keteladanan tokoh-tokoh
Islam dan perjuangannya kepada peserta.
e.
Materi
Ruang lingkup materi Pesantren Kilat di SDN
08 WONOSARI mencakup segala usaha mewujudkan keserasian, keselarasan, dan
keseimbangan yang menyangkut
a. Hubungan
manusia dengan Allah (Hablum minallah)
b. Hubungan
manusia dengan manusia (hablum minannas)
c. Hubungan
manusia dengan dirinya sendiri
d. Hubungan
manusia dengan makhluk Allah lainnya dan lingkungan alam sekitarnya.
Materi
Pesantren Kilat meliputi 7 unsur pokok, yaitu
1.
Keimanan (15%)
2.
Ibadah (20%)
3.
Al-Qur’an (20%)
4.
Akhlak (20%)
5.
Tarikh (10%)
Presentasi
setiap unsur materi pokok bersifat fleksibel atau tidak mutlak, yaitu jumlah
muatan materi dapat berubah sesuai dengan kebutuhan pemberian materi, sedangkan
di dalam pemberian materi lebih ditekankan pada aspek pembentukan sikap dan
perilaku (afektif dan psikomotor).
1.
Keimanan
Bahasan dan kegiatan
yang mengarah pada keimanan antara lain:
a.
Rukun iman
1.
Iman kepada
Allah
2.
Iman kepada
malaikat
3.
Iman kepada
rasul
4.
Iman kepada
kitab
5.
Iman kepada hari
akhir
6.
Iman kepada
qodlo dan qodar
2. Ibadah
Bahasan dan
kegiatan yang berkaitan dengan ibadah antara lain :
a. Rukun
Islam
1. Syahadat
2. Sholat
3. Puasa
4. Zakat
5. Haji
b. Bimbingan
praktik bersuci
c. Bimbingan
praktik sholat wajub
2. Al-Qur’an
Praktik membaca,
menyalin, mengartikan, dan menghapal al-qur’an.
3. Akhlak
1. Bimbingan
akhlak kepada orang tua
2. Bimbingan
akhlak kepada kakak dan adik
3. Bimbingan
akhlak kepada teman
4. Bimbingan
akhlak kepada guru
5. Bimbingan
akhlak kepada tetangga
6. Silaturahmi/
memupuk rasa persaudaraan
7. Bimbingan
cara berbicara yang baik
8. Mengucapkan
salam
9. Bimbingan
bersikap jujur, amanah, fathonah, dan tabligh.
4. tarikh
a. Kisah
Nabi Muhammad SAW.
b. Kisah
kehidupan khulafaurrosyidin
c. Kisah
kehidupan tokoh Islam Indonesia dan dunia
e. Program
tambahan
a. Seni
kreasi Islam
b. Kultum
f. Pola
pembinaan
Pola pembinaan
pesantren kilat meliputi.
a. Proses
pengenalan
b. Proses
pembiasaan
c. Proses
penghayatan
g. Waktu
dan Tempat
Waktu
pelaksanaan Pesantren Kilat di SDN 08 WONOSARI dimulai pada hari Senin 12 Juni
s.d rabu 14 Juni 2017.
BAB IV
EVALUASI
1. Evaluasi
Penyelenggaraan
Adalah suatu evaluasi
terhadap terlaksananya pesantren kilat. Evaluasi dapat dilihat melalui
pengamatan langsung terhadap proses kegiatan dan laporan dari pelaksana
kegiatan. Hal-hal yang di evaluasi
a.
Kepanitiaan
b.
Fasilitas
c.
Sarana dan
prasarana
d.
Materi
e.
Disiplin, dll
2. Evaluasi Edukasi
Evaluasi pelaksanaan
Pesantren Kilat akan dilaksanakan sebagai berikut.
a.
Aspek yang
dievaluasikan
-
Pengetahuan
-
Sikap dan
kepribadian
-
Keterampilan
Kegiatan
evaluasi ini dilakukan oleh pembimbing yang terlibat langsung dalam kegiatan
belajar. Hasil evaluasi dituangkan dalam format tersendiri yakni dalam bentuk
piagam penghargaan yang mencantumkan daftar nilai hasil kegiatan.
BAB
V
PENUTUP
A. Simpulan
Adapun
simpulan yang dapat diambil dari penyusunan program ini adalah.
a.
Sebagai acuan
dalam pelaksanaan kegiatan pesantren kilat serta dapat dijadikan pedoman demi
lancarnya pelaksanaan pesantren kilat
b.
Terlaksananya
program pesantren kilat ini dijadikan acuan bagi seluruh SD yang lainnya.
B. Saran
Saran
pelaksanaan program ini akan dikemukakan setelah program ini dilaksanakan,
sedangkan saran khusus akan disampaikan secara tetulis pada waktu penutupan
kegiatan Pesantren kilat)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar